Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul | Makalah


Judul : Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul | Makalah
link : Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul | Makalah


Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul | Makalah

Masalah yang dihadapi oleh bawah umur taman kanak-kanak biasanya berkaitan dengan gangguan pada perkembangan anak. Bila tidak segera diatasi gangguan itu akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu fase perkembangan anak sekolah. Contohnya pada fase ini anak masih ngompol, anak itu dijauhi oleh teman-temannya sehingga pada fase berikutnya yaitu fase sekolah anak tidak bisa beradaptasi dengan temannya. Oleh alasannya itu guru perlu mengetahui banyak sekali duduk perkara itu biar sanggup membantu anak memecahkannya.

Pengertian Pemalu
Pemalu ialah sifat yang pasif, dimana anak yang pemalu itu mempunyai acara motorik dan kognitif yang kurang/diam. Pemalu merupakan kelainan prilaku yang terang asal usulnya, gangguan prilaku tersebut terkombinasi dengan sifat-sifat tertentu seperti, diam, tidak mau bertanya apa-apa.
Menurut para hebat bahwa pemalu ialah gangguan yang mempunyai ciri-ciri pasif yang monoton, biasanya mengalami kesukaran dalam berkomunikasi dan berperilaku.

Karakteristik atau Ciri-ciri Pemalu
Pendiam
Interaksi dengan lingkungan sekitar kurang
Sulit mengemukakan pendapat pada orang lain
Selalu menutup diri
Tidak suka melaksanakan kiprah yang diberikan alasannya takut salah.

Faktor Penyebab Pemalu
a. Faktor Fisik
- Abnormalitasnya acara anak
- Ada kekurangannya di dalam diri anak
- Anak tidak merasa sama dengan teman-temannya

b. Faktor Psikis
Dilihat dari segi psikologis yaitu bahwa anak itu pemalu cenderung kurang berinteraksi dengan teman-temannya atau dengan lingkungan sekitarnya, kesannya anak pada waktu bertemu dengan orang lain merasa aib dan takut.

c. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan, yang menjadikan anak pemalu yaitu kurang baiknya lingkungan disekitar rumah. Sehingga, anak jarang keluar rumah kesannya anak jadi pemalu.

d. Faktor Emosional
Anak yang emosinya tidak setabil sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir logis, tidak bisa memotivasi dirinya untuk tetap fokus pada aktivitasnya serta tidak bisa membina relasi yang serasi dengan lingkungan dimana ia berada.

Cara Pencegahan Anak Pemalu
- Harus memberi motivasi yang besar lengan berkuasa
Anak yang pemalu biasanya dalam melaksanakan banyak sekali hal harus disertai dengan cara memberi motivasi atau bersamaan, sehingga anak bisa berinteraksi.

- Harus bisa mengarahkan anak tersebut.
Anak harus bisa diarahkan atau dilibatkan suatu kegiatan yang bisa menarik perhatian dan minat anak yaitu kegiatan-kegiatan yang bisa menarik anak

Anak pemalu cenderung mempunyai acara yang monoton (pasif) dan kelakuannya sering banyak membisu dan menyendiri, faktor penyebab anak pemalu yaitu kurangnya interaksi dilingkungan rumahnya sehingga anak menjadi kaku dan ada rasa takut saat bertemu dengan orang lain. Faktor lain yaitu alasannya kurangnya interaksi antara keluarga.

Cara penanggulangannya Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul  yaitu dengan hati yang sabar, nrimo dengan penuh sungguh-sungguh.

DAFTAR PUSTAKA
Tim Redaksi Puspa Swara. 2001. Mengatasi Problema Psikologis Balita. Jakarta : Pupa Swara.
Rosemini. A. Prianto. 2003. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogya : Kanisius.

Baca juga artikel menarik lainnya cara mengatasi duduk perkara dengan teman.| Etika pegaulan cukup umur muslim.