Tips Sukses Bekerja Dengan Tim


Judul : Tips Sukses Bekerja Dengan Tim
link : Tips Sukses Bekerja Dengan Tim


Tips Sukses Bekerja Dengan Tim

Tips sukses kali ini membahas wacana perilaku yang harus kita miliki untuk mendapat kesuksesan dalam bekerja yakni sanggup menuntaskan pekerjaan dengan tim solid. Mental sanggup bekerja merupakan syarat paling utama menuju gerbang kesuksesan.

Perjuangan membutuhkan pengorban, dan pengorbanan itu harus dimulai dari diri sendiri bekerja dengan baik bersama tim kerja kita. Agar sukses dalam sebuah kerja dengan tim, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

1. Memahami Job Desk / Peran dalam Kerja Tim
Dalam sebuah tim, tentu setiap orang mempunyai kiprah masing-masing. Maka, pahami benar apa kiprah yang Anda emban serta tanggung jawab yang berada di balik kiprah tersebut. Pastikan Anda melakukan semua kiprah dan tanggung jawab tersebut dengan benar sesuai dengan tujuan bersama yang telah ditetapkan tim.

2. Menjalin Komunikasi 
Tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan oleh tim tidak terlepas dari adanya komunikasi efektif antartiap anggota. Komunikasi efektif ini perlu dilakukan secara periodik dengan tujuan monitoring dan correcting. Fungsi monitoring dimaksudkan untuk mengontrol kemajuan tugas-tugas tiap anggota.
Sementara fungsi correcting bertujuan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dalam menuntaskan tugas-tugas yang telah ditentukan. Dalam sebuah tim Project Officer (PO) bertugas menyinambungkan efektivitas kerja tim tersebut. Namun perlu diingat, komunikasi yang terjalin dalam sebuah tim bukan lah satu arah dari pimpinan ke anggota melainkan komunikasi dua arah di mana para anggota sanggup menyalurkan ilham demi kesuksesan bersama.

3. Power sharing / Pembagian Kekuasaan Kerja
Dalam tim, sebaiknya ada pembagian kekuasaan. Jadi, tidak ada anggota tim yang terlalu lebih banyak didominasi maupun terlalu pasif. Setiap anggota tim perlu diberikan kesempatan untuk menjadi "pemimpin", memperlihatkan "kekuasaannya" di bidang yang menjadi keahlian dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga mereka merasa ikut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan bersama.

4. Menujukkan Keahlian
Perbedaan keahlian yang dimiliki masing-masing anggota dalam tim akan saling menunjang dalam mencapai tujuan. Tidak hanya itu, perbedaan keahlian yang dimiliki justru akan memperluas perspektif dan memperkaya keahlian setiap anggota.

5. Berikan Apresiasi atau Reward
Berikan apresiasi kepada anggota yang memperlihatkan bantuan nyata dalam perjuangan meraih tujuan bersama yang telah ditentukan tim. Apresiasi tidak perlu berupa uang melainkan lewat sebuah kebanggaan tulus. Hal ini memperlihatkan kita menghargai kerja keras yang telah dilakukannya. Dengan demikian sanggup memacu sang anggota untuk terus berprestasi.

6. Bangun Sikap dan Pemikiran positif
Perbedaan di antara tiap anggota pun kerap kali berujung konflik. Namun, banyak sekali hambatan yang menghadang janganlah dihindari. Hadapi kesulitan tersebut sebagai sebuah tantangan dengan cara-cara yang positif.

7. Resolusi konflik
Konflik tidak selamanya negatif. Lewat konflik, tanpa disadari kita pun mempunyai perspektif berbeda mengenai suatu persoalan dan melahirkan cara, inovasi, maupun perubahan gres yang memang diharapkan untuk mencapai tujuan. Kuncinya, jangan pernah mendiamkan atau mengabaikan sebuah konflik kecil. Sebab, konflik ibarat kanker sanggup menyebar dengan cepat tanpa disadari sampai hasilnya meruntuhkan tim tersebut.

8. Lakukan Evaluasi setiap Saat
Evaluasi penting dilakukan secara terencana untuk melihat kinerja masing-masing anggota maupun kinerja tim secara menyeluruh. Melihat sejauh mana kemajuan kerja tim dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan.

Demikian 8 tips sukses bekerja dengan tim, agar bermanfaat.