Tips Cara Mencar Ilmu Dan Menghafal Cepat Yang Baik


Judul : Tips Cara Mencar Ilmu Dan Menghafal Cepat Yang Baik
link : Tips Cara Mencar Ilmu Dan Menghafal Cepat Yang Baik


Tips Cara Mencar Ilmu Dan Menghafal Cepat Yang Baik

Pembaca , postingan kali ini akan membahas perihal bagaimana cara menghafal dan berguru yang baik, efektif dan juga menyenangkan. Sudah seharusnya bagi kita sebagai insan yang selalu ingin ada perubahan dalam kehidupan merubah dan terus meningkatkan gairah berguru kita. Belajar merupakan satu-satunya cara menuju sampainya kepada impian yang kita harapkan.

Seorang pelajar atau pembelajar sejati mempunyai jiwa dan mental yang ulet dan selalu tekun dalam belajar. Selanjutnya bagaimana cara dan tips berguru yang baik efektif dan juga sempurna untuk seorang pembelajar sejati?. Dan apa saja yang harus dilakukan semoga hasil ideal berguru kita bisa optimal?.
Marilah kita simak artikel berikut perihal bagaimana tips cara berguru dan menghafal cepat :

Pertama : Belajarlah secara kelompok
Untuk menghindari rasa bosan dalam berguru lakukanlah berguru secara kelompok bareng teman. Belajar kelompok salah satu cara berguru yang baik dan efektif. Dengan berguru kelompok acara berguru akan menjadi sangat menyenangkan alasannya ialah ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak sahabat yang terpelajar dan rajin berguru semoga bisa termotivasi dan ketularan pintar. Tetapi ada juga waktu yang harus disediakan untuk berguru secara sendirian di daerah yang sepi, dan berguru secara berkelompok ini dilakukan pada saat-saat tertentu saja.

Kedua : Biasakan menulis inti dari buku atau pelajaran yang sedang dipelajari
Ketika mendapat pelajaran di manapun berada coba anda salin pada book note yang selalu anda bawa ke mana saja. Ketika membaca sebuah buku, selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bab yang penting ini sebaiknya dibentuk catatan di buku tersendiri. Bagi anda seorang pelajar cara berguru yang baik dengan merangkum materi atau materi pelajaran juga sangat mempunyai kegunaan ketika menghadapi ujian.

Ketiga : Disiplin dan tekun dalam berguru dan menghafal pelajaran
Kunci ini (Disiplin dan Tekun) ialah perilaku orang sukses. Sukses dalam berguru harus bisa merubah kualitas berguru semoga lebih baik. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari niscaya akan lebih baik dari pada berguru dalam waktu yang sangat usang pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya berguru kalau ada ulangan atau ujian saja.

Keempat : Bertanyalah bila belum faham materi pelajaran ketika itu juga
Pertanyaan muncul ketika merespon pelajaran dan dianggap itu ialah menarik. Awalnya muncul dari otak bertanya-tanya kepada diri kita sendiri dan selanjutnya ditanyakan kepada orang yang bersahabat dengan kita.
Sebagai seorang pembelajar ketika guru tamat membahas satu mata pelajaran biasanya bertanya pada murid muridnya. Apakah sudah jelas? Saat itu jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.

Kelima : Hindarilah perilaku dan sifat tidak jujur
Siapa pun orangnya tidak menyukai perilaku dan sifat tidak jujur. Sekarang ini banyak siswa membuat catatan untuk mencontek ketika ada ulangan atau ujian. Dengan berguru dengan jadwal yang teratur seorang murid akan selalu siap kalau ada ulangan dadakan dan tidak perlu mencontek. Bagaimana dengan tips cara berguru yang baik diatas mungkin masih belum bisa meningkatkan hasil berguru anda?

Keenam : Ciptakan suasana dan lingkungan berguru yang aman
Ruang dan daerah berguru juga sarana penunjang lain sangat memilih kualitas dalam berguru seseorang. Seorang pembelajar harus bisa membuat suasana yang kondusif, nyaman dan hening untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara berguru yang baik alasannya ialah bagaimanapun kalau ingin materi yang kau pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kau harus hening dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin ialah pilihan yang cukup baik, alasannya ialah selain lebih fresh, kita juga bisa lebih hening dan nggak penat dalam belajar.

Ketujuh : Perhatikan dahulu inti materi dan garis besarnya sebelum membahas lebih jauh
Jika mulai mempelajari sesuatu dan atau membaca pelajaran yang dianggap baru, tidak harus pribadi menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Ketika membaca sebuah buku perhatikan dan lihat-lihatlah terlebih dahulu semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jika membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

Kedelapan : Buatlah ringkasan materi pelajaran dan dicatat pada buku catatan khusus pelajaran
Tips cara berguru dengan teknik meringkas intisari dari pelajaran. Kalau kau meringkas materi dari setiap materi pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat materi pelajaran itu. Pada ketika kau menulisnya, kau niscaya membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kau berada. Tips Cara berguru yang baik bukan?

Kesembilan : Latihlah teknik kemampuan otak dalam mengingat pelajaran
Otak mempunyai daya tampung yang luar biasa untuk menyimpan apapun materi pelajaran atau pembelajaran. Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk mengingat, diantaranya mengingat dengan cara mengingat materi hafalan dengan cara mengubah menjadi sebuah abreviasi atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang gampang diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kau kalau menghafal pribadi dalam 1 ahad sudah lupa, dengan memakai mnemonics ibarat ini kau bisa ingat hingga puluhan tahun lamanya.

Demikian tips berguru yang baik dengan cara menghafal cepat, pastinya bagi yang melaksanakan tips dan cara di atas prestasi berguru akan meningkat dan kehidupan di masa tiba akan berubah ke arah yang lebih baik. Semoga kita mendapat bimbingan dan isyarat Allah SWT, aminn..
Terima kasih telah berkunjung dan berkenan membaca artikel ini.