Bentuk Mode Hijab Busana Muslimah Ideal


Judul : Bentuk Mode Hijab Busana Muslimah Ideal
link : Bentuk Mode Hijab Busana Muslimah Ideal


Bentuk Mode Hijab Busana Muslimah Ideal

Bentuk Hijab - Sebagai penganut agama Islam tentunya semua perbuatan harus dilandasi perintah, aturan dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal berbusana Hijab kaum hawa diperintahkan menggunakan pakaian yang bukan hanya modis tetapi harus menutupi aurat tubuhnya.

Hijab dalam agama Islam merupakan epilog aurat berupa jilbab, yang termasuk busana muslimah dengan ketentuan tidak membentuk lekuk tubuh yang wajib untuk dilakukan. Akan tetapi istilah hijab masih rancu kalau disandingkan dengan istilah menggunakan jilbab dan kerudung. Lalu apa sih bahu-membahu mode hijab itu?
Asal mula kata Hijab itu berasal dari Bahasa arab, berdasarkan Bahasa hijab berasal dari kata "hajaban" yang artinya menutupi. Adapun dalam istilah aturan syara’ hijab itu merupakan suatu tabir yang menutupi tubuh wanita. Tetapi seiring perkembangan mode beberapa orang menggunakan hijab sebatas istilah kerudung, yang berbeda dengan definisi dalam Bahasa Al-Quran yakni pakaian yang menutup aurat, tidak tipis, berukuran besar atau longgar dan dengan ukuran panjang. Sebenarnya hijab dan jilbab yaitu benda yang berbeda. Jilbab merupakan baju panjang yang menutupi seluruh tubuh. Dengan menggunakan jilbab tentunya tidak membentuk lekuk tubuh seorang perempuan dan tidak transparan. Sedangkan hijab mempunyai makna benda yang menutupi sesuatu. Makna sesuatu disini yaitu rambut, leher, indera pendengaran dan (biasanya) dada.

Ada beberapa istilah pembagian bentuk hijab yang perlu kita ketahui, antara lain:
  1. Niqab, merupakan bentuk hijab untuk epilog wajah yang dapat jadi epilog seluruh wajah dibawah mata.
  2. Shayla, merupakan bentuk hijab yang berasal dari selembar kain homogen hijab yang banyak digunakan wanita. Cirinya menutupi seluruh kepala dan dililit diatas bahu.
  3. Al-amira, merupakan homogen hijab yang terdiri atas dari 2 bagian, biasanya mempunyai jenis topi atau epilog pecahan depan kepala.
  4. Khimer, merupakan bentuk hijab yang menutupi seluruh pecahan dada sampai ke tangan.
  5. Abaya, merupakan pakaian panjang yang menutupi seluruh tubuh (berbentuk jubbah).
  6. Chador, merupakan bentuk hijab yang sering kita jumpai di Negara Iran. Terdiri atas kain panjang dan lebar yang digunakan ibarat menggunakan jubbah.
  7. Burka, merupakan bentuk hijab jubbah yang menutupi mulai dari kepala sampai ujung jari kaki.
Demikanlah bentuk-bentuk fashion hijab ideal. Akan tetapi dengan perkembangan zaman kini bentuk-bentuk fashion hijab tersebut banyak mengalami modifikasi sehingga masih banyak variasi dari mode hijab yang sedang berkembang ini.
Aneka mode hijab lain yaitu hijab mode dan jilbab konvensional yang layak untuk sobat ketahui perkembangan fashion ketika ini.