Menu Sehat Makanan Untuk Buka Puasa


Judul : Menu Sehat Makanan Untuk Buka Puasa
link : Menu Sehat Makanan Untuk Buka Puasa


Menu Sehat Makanan Untuk Buka Puasa

Agar selama shaum yang kita jalani bermakna maka dibutuhkan tips dan cara bagaimana semoga tubuh kita sehat dan tetap bugar. Untuk itu dibutuhkan daftar masakan sajian untuk berbuka puasa, tentunya tidak lupa pula sajian untuk ta'jil (makanan pembatal puasa) yang disunnahkan yaitu dengan air atau kurma.

Penelitian para dokter telah menyimpulkan bahwa shaum itu cara yang paling efektif untuk menetralisir atau membersihkan dari toksin (zat racun) yang ada dalam tubuh manusia. Inilah barangkali mengapa Islam mewajibkan ibadah shaum ini bagi kaum mukminin, alasannya yaitu puasa itu begitu pentingnya untuk kesehatan manusia. Namun terlepas dari syariat ibadah bahwa Shaum itu sebetulnya menyehatkan dan baik untuk tubuh insan selama tidak mengenyampingkan aspek hukum kebutuhan fisik manusia.
Tips ini memberikan sajian masakan berbuka puasa atau shaum janganlah asal-asalan, yang penting kenyang dan dahaga hilang begitu saja. Bagi yang ingin puasa nya berkualitas dan berarti untuk kesehatan maka dibutuhkan tips atau cara berbuka puasa. Naah di bawah ini ditulis beberapa menu sehat untuk buka puasa, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Berbuka dengan Sayuran
Sayuran berdaun hijau ibarat bayam, selada, seledri, kubis dan chard yaitu materi masakan yang sempurna untuk dimakan sehabis berpuasa. Makanan-makanan ini sangat gampang dicerna dan mempunyai kandungan alkalin yang tinggi-sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita. Lebih baik lagi seandainya kita memakannya mentah sebagai lalapan.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik, dan juga gampang dicerna. Biji bunga matahari, biji waloh alias labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, dan kacang macadamia merupakan materi masakan yang sempurna dimakan sehabis berpuasa. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan ini juga dapat menjadi cemilan yang sehat.

3. Buah-buahan

Buah-buahan ibarat pir, apel, pisang, jeruk, delima, kiwi, melon dan anggur yaitu buah-buahan yang baik dimakan sehabis berpuasa. Buah-buahan ini sangat ringan di perut, gampang dicerna dan memberikan tubuh banyak sekali nutrisi yang membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah.

4. Beras merah

Setelah berpuasa, sangat baik kalau kita dapat makan nasi dari beras merah. Beras merah berbeda dengan beras putih lantaran bab kulit pada beras merah masih utuh. Para andal gizi dan andal diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.

5. Oat

Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya sehabis berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Itulah beberapa daftar masakan sehat untuk berbuka puasa nanti. Menu di atas tidaklah terlalu sulit untuk menemukan bahan-bahan masakan yang sehat, yummy dan mengenyangkan untuk berbuka puasa.
Semoga barokah. Amin
Baca juga artikel menarik lainnya: Kumpulan kalimat kata mutiara selamat lebaran.