Ciri Kriteria Teman Sahabat Sejati


Judul : Ciri Kriteria Teman Sahabat Sejati
link : Ciri Kriteria Teman Sahabat Sejati


Ciri Kriteria Teman Sahabat Sejati

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, pastinya membutuhkan sahabat dalam hidupnya itu, siapa pun dia. Tapi terkadang dalam proses mencari sahabat tidak banyak orang yang sanggup menemukan teman sahabat yang sejati, yang mau mengerti dan memahami satu sama lain.
Menurut spesialis psikologis, David J.Lieberman, Dalam mencari sahabat sejati ada beberapa cara untuk mengetes apakah seseorang itu merupakan sahabat sejati atau hanya berpura-pura menjadi teman. Anda sanggup mengukur pertemanan anda dengan sesorang dengan mencoba tes ini dan mungkin saja seseorang yang anda anggap sahabat sejati ternyata tidak. Ciri atau kriteria sahabat atau sahabat sejati tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Perhatian
Salah satu kinerja dalam menilai seseorang yaitu perhatiannya.Katakan padanya hal yang penting yang terjadi dalam hidup anda dan lihat apakah ia menanggapi atau mencari tahu lebih jauh.Jika ia tidak melaksanakan hal itu, cobalah hubungi ia dan apakah ia menyinggung hal itu.

2. Kesetiaan
Ceritakan sebuah diam-diam seorang sahabat akrab anda dan lihat apakh ia berkomentar atau tidak.Teman sejati tahu arti dogma dalam hubungan.Pastkan bahwa ia tampak keberatan sebab anda menceritakan diam-diam seorang sahabat pada orang lain.

3. Kebanggan
Seorang sahabat sejati akan gembira dengan prestasi anda, bukannya iri dengan kesuksesan anda.Lihat pula bila mendatangi anda dikala anda mendapatkan gosip baik, bukan hanya gosip buruk.Bukan sebaliknya, ia hanya mendatangi anda untuk menghibur tatkala anda mendapatkan gosip buruk.

4. Kejujuran
Teman sejati selalu mau memberikantahukan hal-hal yang tidak ingin anda dengar.

5. Penghargaan
Katakan kepadanya bahwa ada sesuatu yang menyenangkan atau sesuatu yang baik yang sedang terjadi dalam hidup anda.Lihatlah, apakah ia mendesak anda untuk menceritakannya atau tidak.Teman sejati akan menghormati harapan-harapan anda dan memberi anda kesempatan untuk meraihnya tanpa memaksakan keinginantahuannya.Dia mungkin akan terus menyinggungnya sebab tertarik, tetapi ia tidak akan serta merta dan terus menerus mendesak anda untuk menceritakannya apabila anda sudah menegaskan bahwa anda tidak ingin menceritakannya sekarang.

6. Pergorbanan
Apakah ia mau mengorbankan sesuatu bila hal itu bisa menciptakan anda senang?Relakah ia mengorbankan kesenangannya sendiri untuk kebahagian anda?Perhatikan apakah ia berpikir atau berencana untuk membantu anda ataukah ia tampak mendahulukan dan berusaha menyelamatkan kepentingannya sendiri.

Adapun Kriteria Ciri Sahabat Teman Sejati yang diposting di bawah ini yaitu ciri sahabat sejati Menurut pandangan Imam Al-Ghazali. Ciri atau kriteria tersebut adalah:
  1. Jika kau berbuat baik kepadanya, maka ia juga akan melindungimu
  2. Jika engkau merapatkan ikatan persahabatan dengannya, maka ia akan membalas balik persahabatanmu itu
  3. Jika engkau memerlukan pertolongan darinya, maka ia akan berupaya membantu sesuai dengan kemampuannya
  4. Jika engkau mengatakan berbuat baik kepadanya, maka ia akan menyambut dengan baik
  5. Jika ia memproleh suatu kebaikan atau pertolongan darimu, maka ia akan menghargai kebaikan itu
  6. Jika ia melihat sesuatu yang tidak baik dari dirimu, maka akan berupaya menutupinya
  7. Jika engkau meminta sesuatu pertolongan darinya, maka ia akan mengusahakannya dengan sungguh-sungguh
  8. Jika engkau berdiam diri (karena aib untuk meminta), maka ia akan menanyakan kesulitan yang kau hadapi
  9. Jika peristiwa tiba menimpa dirimu, maka ia akan berbuat sesuatu untuk meringankan kesusahanmu itu
  10. Jika engkau berkata benar kepadanya, pasti ia akan membenarkanmu
  11. Jika engkau merencanakan sesuatu kebaikan, maka dengan senang hati ia akan membantu planning itu
  12. Jika kau berdua sedang berbeda pendapat atau berselisih paham, pasti ia akan lebih senang menyerah untuk menjaga
Mudah-mudahan kita tidak hingga salah dalam menentukan sahabat atau sahabat. Sebab bila salah dalam pergaulan menentukan sahabat atau sahabat maka hasilnya akan fatal