Hujan Deras Bantu Hilangkan Bubuk Kelud Di Surabaya


Judul : Hujan Deras Bantu Hilangkan Bubuk Kelud Di Surabaya
link : Hujan Deras Bantu Hilangkan Bubuk Kelud Di Surabaya


Hujan Deras Bantu Hilangkan Bubuk Kelud Di Surabaya

Assalamu'alaikum

Seperti beberapa kawasan lainnya di pulau Jawa, Surabaya juga merupakan salah satu area yang terkena hujan bubuk dari letusan Gunung Kelud pada Jum'at dini hari tanggal 14 Februari 2014 kemarin.  Ketebalan bubuk yang jatuh di Surabaya tidak mengecewakan parah juga meskipun jaraknya dari Gunung Kelud sekitar +/- 120 km.

Saat saya berada dalam perjalanan menuju tempat bekerja, saya melihat berbagai debu yang beterbangan di jalan raya sehingga sanggup mengganggu pandangan dan pernafasan. Masyarakat hampir semuanya mengenakan masker. Terlihat beberapa orang dan pengendara motor mengalami kesulitan alasannya yaitu tidak mengenakan masker dan helm yang mempunyai epilog kaca. Banyak juga sekolah yang mendadak diliburkan alasannya yaitu petaka ini, termasuk juga sekolah anak saya.

Kemarin saya sempat mengabadikan beberapa gambar di sekitar rumah saya perihal bubuk letusan Gunung Kelud. Jika anda ingin melihat foto-foto tersebut silahkan baca artikel :

 Seperti beberapa kawasan lainnya di pulau Jawa HUJAN DERAS BANTU HILANGKAN ABU KELUD DI SURABAYA
Tampak butiran halus bubuk dari Letusan Gunung Kelud berjatuhan

Namun Alhamdulillah ketika siang hari menjelang sore kemarin turun hujan deras hampir di seluruh wilayah Surabaya dan sekitarnya. Meskipun pengendara di jalan harus ekstra hati-hati alasannya yaitu air hujan yang bercampur dengan bubuk sanggup menciptakan jalanan menjadi licin, akan tetapi hujan lebat tersebut tidak mengecewakan sangat membantu membersihkan bubuk Gunung Kelud yang banyak melekat di mana-mana dan juga sanggup mencegah debu beterbangan. Jalan-jalan menjadi higienis kembali meskipun bubuk tidak serta merta hilang seluruhnya.

Seandainya hujan tidak turun, pasti banyak masyarakat yang akan mengalami kesulitan jawaban gangguan pernafasan. Menurut isu dari eyang kakung Sinichi, ketika dia antri membeli masker di sebuah apotik banyak orang tidak kebagian masker alasannya yaitu stok habis. Di beberapa tempat lainnya juga mengalami keadaan yang sama.

Tetapi meskipun Abu Gunung Kelud sudah banyak yang tersapu hujan lebat kemarin, namun masyarakat Surabaya harus tetap berhati-hati. Disarankan tetap menggunakan masker apabila berada di luar rumah alasannya yaitu masih banyak sisa-sisa abu. Terbukti ketika saya berangkat kerja pagi ini. Saat itu saya sengaja membuka beling muka helm, eh eksklusif saja mata saya seperti kelilipen debu (kemasukan debu).

Semoga petaka ini segera berakhir, dan juga biar masyarakat yang tertimpa musibah ini terutama masyarakat di sekitar Gunung Kelud diberi ketabahan, keselamatan, dan kesehatan dalam menghadapinya.. aamiin..

Wassalamu'laikum