Judul : Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd
link : Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd
Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang membelajarkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Komunikasi ini sanggup dilakukan baik secara verbal maupun tulisan. Dengan kesimpulan tersebut, maka standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penugasan, pengetahuan, ketrampilan berbahasa, perilaku faktual terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi siswa untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Tarigan (1990:2-3) mengemukakan adanya delapan prinsip dasar hakikat bahasa, yaitu
Pembelajaran bahasa Indonesia ketika ini telah meliputi seluruh aspek kebahasaan, maka siswa dituntut bisa berkomunikasi secara efektif, selalu memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi formal, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat, serta bisa membanggakan bahasa Indonesia sebagai budaya Indonesia. Dengan begitu, siswa bisa memakai bahasa Indonesia dengan disertai rasa gembira terhadap budayanya sendiri
(BSNP, 2006:10) : “Tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia ibarat halnya dalam kurikulum 2013 ialah semoga siswa mempunyai kemampuan di antaranya:
Tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia ialah semoga siswa mempunyai kemampuan di antaranya, dalam (BSNP, 2006:10) mengemukakan :
Tarigan (1990:2-3) mengemukakan adanya delapan prinsip dasar hakikat bahasa, yaitu
- Bahasa ialah suatu sistem,
- Bahasa ialah vokal,
- Bahasa tersusun dardda lambang-lambang arbitrari,
- Setiap bahasa bersifat unik,
- Bahasa dibangun dardda kebiasaan-kebiasaan,
- Bahasa ialah alat komunikasi,
- Bahasa berafiliasi bersahabat dengan tempatnya berada, dan
- Bahasa itu berubah-ubah.
Pembelajaran bahasa Indonesia ketika ini telah meliputi seluruh aspek kebahasaan, maka siswa dituntut bisa berkomunikasi secara efektif, selalu memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi formal, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat, serta bisa membanggakan bahasa Indonesia sebagai budaya Indonesia. Dengan begitu, siswa bisa memakai bahasa Indonesia dengan disertai rasa gembira terhadap budayanya sendiri
(BSNP, 2006:10) : “Tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia ibarat halnya dalam kurikulum 2013 ialah semoga siswa mempunyai kemampuan di antaranya:
- Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara verbal maupun tulis,
- Menghargai dan gembira dalam memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara,
- Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk banyak sekali tujuan,
- Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial,
- Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan
- Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual insan Indonesia”.
Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Dalam klarifikasi Depdikbud (1995/1996:2). Dikemukakan bahwa :
“Fungsi pembelajaran bahasa Indonesia ialah merupakan salah satu alat penting untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, antara lain:
Dalam klarifikasi Depdikbud (1995/1996:2). Dikemukakan bahwa :
“Fungsi pembelajaran bahasa Indonesia ialah merupakan salah satu alat penting untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, antara lain:
- Menanamkan, memupuk, dan membuatkan perasaan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa,
- Memupuk dan membuatkan kecakapan berbahasa Indonesia verbal dan tulisan,
- Memupuk dan membuatkan kecakapan berpikir dinamis, rasional, dan praktis,
- Memupuk dan membuatkan ketrampilan untuk memahami, mengungkapkan dan menikmati keindahan bahasa Indonesia secara verbal maupun tulisan”
Tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia ialah semoga siswa mempunyai kemampuan di antaranya, dalam (BSNP, 2006:10) mengemukakan :
- Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara verbal maupun tulis,
- Menghargai dan gembira dalam memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara,
- Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk banyak sekali tujuan,
- Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial,
- Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan
- Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual insan Indonesia.
Pembelajaran bahasa Indonesia ketika ini telah meliputi seluruh aspek kebahasaan, maka siswa dituntut bisa berkomunikasi secara efektif, selalu memakai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi formal, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat, serta bisa membanggakan bahasa Indonesia sebagai budaya Indonesia. Dengan begitu, siswa bisa memakai bahasa Indonesia dengan disertai rasa gembira terhadap budayanya sendiri.
Ruang lingkup Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD
Perkembangan cara berkomunikasi siswa sekolah dasar sangantalah penting, sehingga dalam hal ini peranan tenaga pendidika dalam hal ini ada guru senantiasa mengarahkan dan menawarkan pemebalajaran kepada siswa dalam hala berkomunikasi dan berbahasa.
Adapun Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
Ruang lingkup Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD
Perkembangan cara berkomunikasi siswa sekolah dasar sangantalah penting, sehingga dalam hal ini peranan tenaga pendidika dalam hal ini ada guru senantiasa mengarahkan dan menawarkan pemebalajaran kepada siswa dalam hala berkomunikasi dan berbahasa.
Adapun Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Mendengarkan
- Berbicara
- Membaca
- Menulis.