Cara Menjaga Hubungan Persahabatan


Judul : Cara Menjaga Hubungan Persahabatan
link : Cara Menjaga Hubungan Persahabatan


Cara Menjaga Hubungan Persahabatan

Tips Memelihara Persaudaraan. Sebagai makhluk sosial insan memerlukan orang dekat untuk berinteraksi, berkomunikasi, saling bantu membantu memecahkan banyak sekali duduk kasus yang dihadapinya setiap hari. Teman dekat tersebut lazim disebut dengan "sahabat". Bagi sebagian yang terlanjur dekat dengan sahabatnya tersebut terkadang memposisikannya sebagai "persaudaraan tak sedarah". Hal itu manusiawi dan wajar-wajar saja lantaran insan tergolong makhluk sosial, yang tidak sanggup hidup tanpa ada interaksi sosial dengan yang lainnya.

Dalam pergaulan bersama sobat dan kekerabatan persahabatan tersebut, terkadang luka-liku duduk kasus dihadapi. Adakalanya hubungan persahabatan itu terpecah menjadi permusuhan lantaran faktor kesalahfahaman, atau sanggup jadi kekerabatan pertemanan itu retak lantaran kurang menjaga tali silaturahmi.

Terbentuknya tali kekerabatan persahabatan itu terjadi begitu saja tanpa ada perjanjian hitam di atas putih yang disebabkan lantaran terjadinya kekerabatan emosional, kecocokan sifat dan karekter, didorong oleh tarikan hati satu sama lainnya sehingga melahirkan connection satu sama lainnya. Akan tetapi dalam proses perjalanannya tersebut niscaya menemukan problematika persahabatan atau dengan kata lain konflik persahabatan, contohnya : berselisih pendapat, saling curiga mencurigai, salahfaham dan lainnya.

Cara menjaga kekerabatan persahabatan yang ditulis pada uraian di bawah ini merupakan tips semoga tali persaudaraan di antara sobat sanggup terjaga dan harmonis. Berikut cara memelihara tali persahabatan :

Membiasakan saling memberi dan mendapatkan
Dalam kekerabatan pertemanan semoga langgeng diharapkan take and give atau saling memberi dan menerima. Baik dalam materi, ilham atau gagasan ataupun dalam hal berkorban demi sahabat. Teman yang akan dijauhi yaitu sobat yang sering menuntut meminta daripada rela memberi. Untuk menjaga tali kekerabatan persahabatan ini maka pertama kali harus dilakukan yaitu sanggup memberi dan secara otomatis kita akan mendapatkan balasannya, dan jangan terlalu berharap untuk selalu sanggup menerima. 

Dilandasi keterbukaan serta kejujuran
Persahabatan akan terpelihara bila satu sama lainnya sanggup terbuka dan jujur, kecuali dalam urusan yang bersifat privasi. Karakter sifat dua orang yang dekat boleh jadi berbeda, namun yang sanggup menjaga kekerabatan persahabatan, mereka akan mengatakan dirinya sebagai dirinya sendiri. Bukan orang yang suka meniru-niru orang lain. Jujur pada diri sendiri dan juga jujur kepada orang lain, itulah kunci menajaga kekerabatan persahabatan. 

Berkomunikasi dengan baik dan sanggup saling mengerti
Hubungan persahabatan perlu dijaga dengan komunikasi, baik itu ketika berbicara, SMS, Chatting, dan lain sebagainya. Sebab retaknya persahabatan itu biasanya diawali lantaran miss komunikasi, yang mungkin lantaran ketidaksengajaan atau faktor kesalahfahaman. Persahabatan yang sejati sanggup saling mengerti satu sama lain, khususnya di dikala temannya melaksanakan kesalahan dalam hal berkomunikasi. Demi menjaga persahabatannya tersebut ia tidak membawa duduk kasus sampai jauh ke dalam hati. Dia menganggap kesalahan komunikasi itu biasa terjadi dan hanya sebagai bumbu persahabatan saja.

Mengemukakan pendapat sekalipun berbeda
Mencurahkan isi hati kepada sahabat itu mutlak diharapkan lantaran bila tidak, malah kekerabatan itu menjadi tidak harmonis. Bagi sahabat sejati, kemungkinan ia tahu lebih dulu bahwa pendapat temannya itu akan berbeda dengannya, atau bahkan sudah mengantisipasi ibarat apa perilaku sobat jikalau ia mengutarakan pendapatnya.

Menegur dengan bijak sahabat yang berbuat kesalahan
Sahabat yang baik yaitu sahabat yang mau mengajak ke arah yang benar. Jika Anda tahu sahabat Anda berbuat kesalahan, ingatkanlah ia. Jangan Anda biarkan begitu saja. Anda tentu tak ingin sahabat Anda menanggung akhir dari perbuatannya ini.

Memelihara kekerabatan persahabatan bersama keluaga
Setelah berkeluarga biasanya seseorang akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan dan anaknya. Juga dengan keluarganya sendiri dan keluarga pasangannya. Namun Anda jangan lupa, sahabat yaitu keluarga Anda juga.
Walaupun Anda tak lagi banyak menghabiskan waktu bersama, jagalah komunikasi semoga tali silaturahim tetap tersambung. Perkenalkan ia dengan pasangan dan belum dewasa Anda. Apalagi jikalau sahabat Anda ternyata juga memiliki anak yang seumur dengan anak Anda, maka persahabatan ini bahkan sanggup Anda wariskan ke mereka.

Menjadi pengagum diam-diam sahabatnya
Jika sobat Anda baik pada sesuatu maka tidak memuji ia / ia di / nya kehadirannya. Memuji seseorang untuk apa yang ia / ia baik, tidak meningkatkan / nya kualitas, tetapi sanggup menimbulkan over-confidence akan diinduksi dalam dirinya / dirinya, yang tentunya akan berbahaya bagi sobat Anda. Seorang sobat yang baik dilarang melewatkan kesempatan untuk memuji / nya temannya di depan orang lain ketika ia / ia tidak ada.

Jangan mengatakan kesalahan sahabat didepan umum.
Bila sahabat kita melaksanakan kesalahan, maka cara menegur yang baik dan bijak yaitu tidak dengan cara memojokkan atau mempermalukannya di hadapan umum. Tegur dan berikan bukti kesalahannya itu di dikala berduaan bersama sahabat anda.

Jauhkan sahabat dari berbuat salah
Saling membimbing, mengajak ke perbuatan baik yaitu langkah efektif untuk menjaga kekerabatan persahabatan semoga tetap akur.

Demikian tips menjaga kekerabatan persahabatan, semoga tali pertemanan di antara kita dan bersama sahabat kita lebih terjalin erat lagi.
Untuk melengkapi acuan perihal persahabatan, ada baiknya baca juga cara menentukan sahabat yang baik. Semoga bermanfaat