Suka-Duka Mendirikan Sinichi-Net


Judul : Suka-Duka Mendirikan Sinichi-Net
link : Suka-Duka Mendirikan Sinichi-Net


Suka-Duka Mendirikan Sinichi-Net

Assalamu'alaikum

Sekedar menyebarkan aja wacana suka-duka saya mendirikan warnet SINICHI-NET alasannya yaitu bagi saya langsung benar-benar membutuhkan usaha yang teramat keras. Mungkin ini juga sanggup memperlihatkan wangsit untuk teman-teman semua.

Saya bukanlah orang yang jago IT ataupun yang banyak tahu wacana IT. Saya cuma seseorang yang suka dengan hal-hal yang berbau komputer, anime, manga, dan game, tapi tidak ada kesempatan untuk mencar ilmu khusus atau kuliah di bidang IT. maklumlah kurang dana :p. Untunglah saya punya banyak sahabat (tentu saja mereka baek hati, jujur, dan tidak sombong....) yang sedang mencar ilmu ataupun berkecimpung di dunia IT. Mereka dengan rela dan ikhlasnya mengajari saya dan menjawab semua pertanyaan wacana seputar IT. Merekalah para master dibalik layar berdirinya SINICHI-NET kini ini.

Butuh waktu 3 ahad untuk mendirikan mini warnet SINICHI-NET, yah meskipun hanya untuk 7 PC client saja. alasannya yaitu mulai dari belanja peralatan hingga finishing harus saya lakukan sendiri dan saya tidak punya pengalaman sama sekali wacana membangun warnet, juga saya hanya punya sedikit waktu luang alasannya yaitu harus bekerja siang harinya... pokok'e Bondo Nekat (BONEK). Semua yang saya ketahui wacana komputer pada awalnya hanya teori saja.... sekaranglah tantangan utk prakteknya.

Dengan semangat '45 dimulailah pekerjaan 'besar' ini. berikut beberapa cuplikan dongeng konyolnya :
    • Ditemani seorang sahabat, butuh waktu hampir 5 jam keliling HITECH mall Surabaya untuk mencari PC yang cocok buat warnet, harap maklum alasannya yaitu sulit sekali mencari PC 'maksimalis' dengan dana 'minimalis'. Beda donk jika dengan dana 'maksimalis', tinggal tunjuk ini-itu... hahahaha
    • Untuk proses meng-krimping kabel LAN, saya menghabiskan 35 konektor RJ-45 padahal hanya butuh 8 pasang saja (T.T)
    • Harus begadang hingga jam 2-3 malam setiap hari berturut-turut selama hampir 3 minggu.
    • Bolak-balik Install ulang Windows alasannya yaitu beberapa kali error ketika penginstallan software-software tambahan... usut punya usut ternyata hardisk external yang saya gunakan terinfeksi virus.
    • Selama 3 hari gundah kenapa 2 PC kok sering bergantian putus-nyambung koneksinya, eeehh ternyata mempunyai IP yang sama. Saya keliru memasukkan IP-nya.
    Sebenarnya aneka macam kejadian-kejadian konyol selama proses pembangunannya tapi kita skip aja deh. 

    Akhirnya SINICHI_NET sanggup berjalan... eiits.. jangan kira tidak ada kendala. Saya aneka macam terima komplain dari para customer. Misalnya tidak sanggup memutar video dari YouTube dan bermain game di Facebook. Mengapa? Karena Flash Player-nya belum saya install... Tidak sanggup download video dari YouTube lewat Keepvid karena Java-nya juga belum terinstall hehehe... dan banyak komplain lainnya...

    Menyerah? tentu saja tidak.. bukankah guru terbaik yaitu pengalaman? dari kesalahan kita menerima pengetahuan lebih.. betul??

    Nah dongeng saya di atas mungkin sanggup jadi materi renungan kita bahwa kita jangan pernah takut untuk mencoba dan terjatuh.. apapun yang akan anda coba lakukan, tetaplah semangat dan terus berusaha.. Insyaalah kalian sanggup :)

    Wassalamu'alaikum