Posisi Tidur Yang Sehat Secara Islam


Judul : Posisi Tidur Yang Sehat Secara Islam
link : Posisi Tidur Yang Sehat Secara Islam


Posisi Tidur Yang Sehat Secara Islam

Islam mengajarkan bahwa posisi tidur yang terbaik yaitu dengan posisi miring ke kanan. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya :

  • POSISI TIDUR TENGKURAP
Dr. Zafir al-Attar berkata, " Seseorang yg tidur tengkurap di atas perutnya sesudah periode tertentu akan mencicipi kesulitan bernafas krn beratnya tubuh yg harus ditanggung yg menghalangi dada dari meregang dan berkontraksi ketika menghembus dan menyedot nafas. Hal ini sanggup menyebabkan kesulitan pernafasan yg sanggup mengganggu kerja jantung dan otak."

Peneliti dari Australia telah menyatakan bahwa terjadi peningkatan kematian bawah umur tiga kali lipat ketika mereka tidur tengkurap dibandingkan bila mereka tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri. Sedangkan majalah "TIMES" mempublikasikan sebuah hasil penelitian di Inggris yang menunjukkan peningkatan tingkat kematian mendadak anak yang tidur tengkurap.
Tidur tengkurap yaitu posisi tidur yg dihentikan oleh Islam. Abu Hurairah RA telah meriwayatkan hadist dari Rasulullah SAW bahwa dia pernah melihat seorang laki-laki tidur tengkurap, kemudian dia bersabda, "Sesungguhnya ini yaitu cara berbaring yang dimurkai Allah dan Rasulnya." (Hr Tirimizi dan Ahmad-hasan Lighairihi)

  • POSISI TIDUR TERLENTANG
Tidur terlentang akan menyebabkan nafas keluar masuk melalui verbal lantaran verbal akan terbuka ketika menelentang disebabkan meregangnya rahang bawah. Normalnya, insan seharusnya bernafas dengan hidung lantaran ada bulu-bulu dan ingus yang berfungsi menyaring udara yang masuk dan lantaran banyaknya pembuluh darah yang tersedia untuk memanaskan udara. Sedangkan bernafas dengan verbal akan menyebabkan udara tidak tersaring dengan baik sehingga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan menyerupai gampang terkena flu, dan juga akan menyebabkan keringnya gusi yang jadinya menyebabkan radang.

  • POSISI TIDUR MIRING KE KIRI
Posisi miring ke kiri pun tidak menyehatkan lantaran jantung ketika itu dihimpit oleh paru kanan yang mana paru kanan lebih besar dari paru kiri. Hal ini akan mempengaruhi kiprah dan kebugaran jantung, lebih-lebih kepad orang yang sudah tua. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa makanan yang berjalan dari perut ke usus bertahan antara 2,5 hingga 4,5 jam ketika seseorang tidur dengan posisi miring ke kanan. sedangkan orang yang tidur miring ke kiri, menyebabkan makanan memerlukan waktu 5 hingga 8 jam untuk proses yang sama.

  • POSISI TIDUR MIRING KE KANAN (POSISI TIDUR TERBAIK)
Tidur yang terbaik yaitu dengan posisi miring ke kanan lantaran paru kiri lebih kecil dari paru kanan sehingga jantung menanggung beban benda yang lebih ringan. Hati akan dalam posisi tetap stabil dan tidak menggantung dan perut akan bertengger diatasnya dengan baik. Hal ini memudahkan untuk proses pengeluaran makanan dari perut sesudah proses pencernaan.


Sumber : Majalah NURUL HAYAT Edisi 94 November 2011
             Rubrik Islam dan Sains (Tidur Sehat Menurut Sunnah)