Oppa (오빠) Bahasa Korea Dan Penggunannya


Judul : Oppa (오빠) Bahasa Korea Dan Penggunannya
link : Oppa (오빠) Bahasa Korea Dan Penggunannya


Oppa (오빠) Bahasa Korea Dan Penggunannya

Kalau dalam bahasa indonesia opa artinya kakek, lain halnya di korea, oppa berarti seorang kakak, abang, pacar, ataupun orang yang disayang, dalam tanda kutip 'orang yang dicintai'.

Pastilah penggemar musik / drama korea sangat sering mendengar kata ini disebutkan, bahkan ribuan kali di indera pendengaran kita sampai muak, tetapi bahwasanya bagaimana cara kita menggunakan kata oppa ini ?

Dalam bahasa korea yang baik, oppa disebutkan oleh perempuan yang lebih muda  kepada lelaki yang lebih tua, dalam jarak umur 10 tahun, ingat ya! 10 tahun.
Kalau orang itu kita rasa lebih bau tanah 10 tahun dari kita, maka kita dapat memanggil ahjusssi atau sebutan lainnya.

Seperti yang aku sebutkan di atas, oppa terkadang dapat juga berarti sayang, maka dari itu , orang korea sendiri serasa melayang dikala dipanggil oppa oleh orang yang disukainya.
Oppa biasa dipakai untuk memanggil kakak kandung/angkat, sepupu, teman / senior di sekolah.

Faktanya, tidak semua dapat kita panggil opaa , walaupun deskripsinya terang ibarat di atas, kita tidak dapat asal memanggil oppa kepada orang asing, kecuali kita ingin memulai suatu korelasi bersahabat dengannya, ibarat para fangirl memanggil idolanya menggunakan kata oppa


Contoh penggunaan kata Oppa:

- Steve Oppa  atau - Min Ho oppa
atau kalau mau memanggil orang yang super bersahabat dengan kita dapat juga dengan 'Oppa-ya' (오빠야)
Oppa selalu berada di simpulan nama, jadi bukan oppa min ho, tetapi sebaliknya.

Nah, apa sobat disini sudah paham, berguru tidak perlu sekaligus semua, nanti lupanya cepat. Maka dari itu, aku menyajikan satu per satu kata yang paling sering sampai jarang dipakai dalam bahasa apapun, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terimakasih! :D ^^