Kata Pada Bahasa Gaul Terpopuler 2018


Judul : Kata Pada Bahasa Gaul Terpopuler 2018
link : Kata Pada Bahasa Gaul Terpopuler 2018


Kata Pada Bahasa Gaul Terpopuler 2018

Kata Gaul terpopuler - Komunikasi insan paling sering dilakukan yaitu dengan memakai bahasa. Di manapun tempat atau daerah bahasa selalu mengikuti perkembangan zaman dan terkadang bagi yang gak begitu mengikuti perkembangan biasanya akan mengalami kesulitan dalam memahaminya. Anak-anak dewasa / kaula muda mereka yang biasanya menciptakan kata-kata menjadi bahasa gres semoga terdengar lezat di indera pendengaran mereka walau kadang secara tata bahasa itu kata rancu, alias tidak baku.

Kita biasanya sanggup menemukan kata gaul baru tersebut di banyak sekali media sosial, baik itu facebook, twitter, Chatting dan lain sebagainya atau bahkan dalam komunikasi eksklusif sekalipun.
Untuk mengartikan kata-kata gaul tersebut pada kesempatan kali ini arena sahabat menyebarkan gosip perihal kata gaul anak muda paling terkenal di tahun ini.

Di bawah ini bahasa kata gaul paling populer di kalangan dewasa pada komunikasi di jejaring sosial facebook, twitter, chatt, yahoo massager, dan atau komunikasi verbal lewat ekspresi belum dewasa muda.

Arti kata AJIB : Memiliki arti Enak atau Asyik. Populer tahun 1995an ketika gaul anak muda waktu itu ber gendre trance ala diskotik, sewaktu narkoba berjenis shabu-shabu pertama populer. Istilah Ajib.. Ajib ini sebutan untuk tempo musik trance dan selanjutnya jadi istilah kata yang berarti lezat atau asik.

Arti kata AKIKA : Artinya "Aku" atau “Saya”. Sebuah istilah yang asalnya digunakan para kaum waria di tahun sembilan puluh-an, dan kemudian banyak dikatakan oleh artis berjulukan Debby Sahertian dan ditulis pula dalam buku Kamus Gaul yang dibuatnya.

Arti kata ALAY : Pada asalnya abreviasi dari “Anak Layangan”, yaitu sebutan yang dialamatkan pada anak kampung yang punya gaya norak. Lalu kemudian sebutan Alay ini diberikan kepada siapa saja yang bergaya norak, narsis dan atau berlebih-lebihan dalam segala hal.

Arti kata ANJELO : Merupakan Bahasa Singkat dari kalimat "Antar Jemput Lonte". Pada awalnya terkenal sekitar tahun dua ribu-an di Bogor dan sekitarnya, sebagai sebutan bagi tukan Tukang Ojek yang menjemput lonte. Kemudian selanjutnya kata ini tidak hanya diberikan kepada tukang ojek saja, malah kepada siapa saja yang suka antar jemput.

Arti kata BEGICHU / BEGICYU : Artinya "Begitu". Bahasa gaul ini pertama kali diucapkan secara tidak sengaja oleh seorang anak kecil berjulukan Saipuddin berumur 3 tahun berasal dari Madura. Banyak artis yang menirunya termasuk artis ternama Titi DJ.

Arti kata BELAH DUREN : Berasal dari istilah yang digunakan dalam lagu dangdut berjudul sama yang dinyanyikan oleh Julia Perez, Bahasa “Belah Duren” merupakan istilah yang ditujukan buat para pengantin muda yang menikmati malam pertama. Belakangan Bahasa ini mengandung makna usul untuk melaksanakan ML (Making love).

Arti kata BISPAK : Merupakan Bahasa Singkat dari Bahasa “Bisa Pakai”. Bahasa ini mulai terkenal di pertengahan sembilan puluh-an, dan biasanya digunakan sebagai arahan diam-diam untuk menyebutkan perempuan / laki-laki yang sanggup dipakai, tapi mereka sendiri tidak mau disebut murahan, alasannya seringkali mereka melaksanakan hal itu “just for fun”.Tidak terang siapa yang mempopulerkan Bahasa ini tapi dari penelusuran saya, Bahasa ini sudah dekat dan sering digunakan oleh para Eksmud (Eksekutif Muda) Jakarta sekitar tahun 96an.

Arti kata Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah terkenal semenjak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.

BONEK : Bahasa Singkat dari Bahasa Bondo Nekat yang berarti orang nekat yang gak bermodal apapun selain kemauan. Bahasa ini dipopulerkan oleh suporter Tim Sepakbola Persebaya – Surabaya di tahun sembilan puluh-an dan menjadi sebutan “kebanggaan” mereka. Saat ini, Bahasa ini juga digunakan untuk orang-orang nekat yang gak kenal rasa takut.

Arti kata BONYOK : Bahasa ini merupakan Bahasa Singkat dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak terang siapa yang mempopulerkan Bahasa ini, tapi Bahasa ini mulai sering digunakan diperiode awal dua ribu-an, ketika bahasa sms mulai terkenal di kalangan remaja.

Arti kata BT / BETE : Merupakan Bahasa Singkat dari Boring Total. Tadinya orang mengira Bahasa ini dipopulerkan oleh Dwiq dikala merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008. Padahal Bahasa ini sudah usang digunakan oleh para mahasiswa yang bosan dengan jadwal perkuliahan mereka. Bahasa ini mulai terkenal dan digunakan di awal tahun dua ribu-an.

Arti kata CENGLI : Merupakan Bahasa dari bahasa Hokkian yang berarti “Bertindak Adil”. Bahasa ini memang lazim digunakan oleh masyarakat perantauan Tionghua dari suku Hokkia. Karena sering digunakan dalam percakapan bisnis, maka lama-kelamaan menjadi Bahasa umum yang digunakan dalam kegiatan sehari2.

Arti kata CING : Bahasa ini sudah sering digunakan semenjak tahun 1970an. Hal ini di ketahui dikala menonton film Si Pitung Banteng Betawi yang dibintangi oleh (alm) Dicky Zulkarnaen. Belakangan, di tahun sembilan puluh-an, Bahasa ini mulai sering digunakan orang lagi, terutama sesudah sering digunakan Debby Sahertian di sitkom Lenong Rumpi. Bahasa “cing” biasa digunakan sebagai sapaan untuk sahabat dekat. Misalnya, “Mau ke mana, Cing?”

Arti kata CUMI : Merupakan Bahasa Singkat yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang digunakan yaitu Bahasa Singkat dari apa). Awalnya Bahasa ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang alhasil berkembang menjadi bahasa gaul belum dewasa dewasa untuk menjelaskan kondisinya dikala ini, menyerupai CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.

Arti kata EMBER : Bahasa ini merupakan plesetan dari Bahasa “Memang Begitu”. Pertama kali dipopulerkan oleh Titi DJ yang secara tidak sengaja menyebut Bahasa ini dikala menjawab pertanyaan orang. Sejak itu, Bahasa ini sering digunakan di banyak sekali kesempatan.

Arti kata GANDENG : Bahasa ini pun merupakan Bahasa dari bahasa Sunda yang berarti “berisik”. Sama menyerupai garing, Bahasa ini dibawa dan digunakan oleh para mahasiswa luar Jawa Barat yang sempat kuliah di tanah Parahyangan itu, yang pada alhasil menciptakan Bahasa ini menjadi terkenal dan beberapa kesempatan dipakai.

Arti kata GARING : Bahasa ini merupakan Bahasa dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Awalnya Bahasa-Bahasa ini hanya digunakan di Jawa Barat saja. Namun alasannya banyaknya mahasiswa luar pulau yang kuliah di Jawa Barat (Bandung) kemudian kembali ke kota kelahiran mereka, Bahasa ini kemudian digunakan mereka dalam beberapa kesempatan. Karena seringnya digunakan dalam pembicaraan, alhasil Bahasa ini pun menjadi terkenal di beberapa kota besar di luar Jawa Barat.

Arti kata GAYUS : Merupakan sebutan sindiran untuk orang yang asing uang dan berusaha mendapat uang dengan banyak sekali cara yang tidak halal. Ungkapan ini terkenal di awal tahun 2010 sesudah seorang pejabat pajak negara berjulukan Gayus diciduk polisi karena tertangkap berair menilap uang negara sebesar Rp 67 milyar.

Arti kata GETHO LOH..: Bahasa ini berarti “Demikian / Begitu”, yang merupakan pementingan dari sebuah klarifikasi yang disampaikan oleh sang pembicara. Bahasa ini cukup terkenal di tahun 2007, alasannya sering digunakan oleh para penyiar radio (terutama radio anak muda) setiap kali selesai menjelaskan sesuatu. Bahasa ini makin terkenal manakala sering digunakan dalam banyak sekali percakapan yang bernada jenaka (sekaligus norak) di banyak sekali jadwal televisi.

Arti kata GUE : Adalah bahasa “resmi” yang kini banyak digunakan oleh kebanyakan orang (terutama orang dari Suku Betawi) untuk menyebut “Saya / Aku”. Bahasa ini merupakan bahasa Betawi yang telah digunakan secara luas, jauh sebelum bahasa prokem dikenal orang.

Arti kata Istilah Jayus terkenal di tahun sembilan puluh-an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari dongeng ekspresi ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang berjulukan Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri yaitu nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di daerah Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.

Arti kata JABLAY : Bahasa ini dipopulerkan oleh Titi Kamal dikala menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006).Merupakan Bahasa Singkat Jarang Dibelai yang mengandung arti lebih jauh sebagai ungkapan hati seorang perempuan yang jarang mendapat belaian kasih sayang kekasihnya.

Arti kata JAYUS : Saya tadinya mengira Bahasa ini merupakan Bahasa Singkat, namun sesudah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebetulnya yaitu dagelan atau tingkah laris yang maunya melucu tapi tidak lucu.

Arti kata JUTEK : Berasal dari Bahasa yang sering digunakan oleh para PSK di awal tahun dua ribu-an untuk menggambarkan laki-laki yang sombong dan jarang tersenyum. Bahasa ini alhasil menjadi Bahasa umum yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.

Arti kata KAMSUD : Merupakan pembalikan konsonan Bahasa “Maksud”. Bahasa ini mulai populer, terutama di kalangan para cewek di ruang chatting dunia maya.

Arti kata KATROK : Orang kampung / orang desa. Bahasa ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana dikala membawakan jadwal Empat Mata sekitar tahun 2007an (kini berkembang menjadi jadwal Bukan Empat Mata). Bahasa ini kemudian menjadi bahasa umum untuk menggambarkan orang yang kampungan / norak banget.

Arti kata KOOL : Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal Bahasa ini merupakan Bahasa Singkat dari KOalitas Orang Lowclass, yang Memiliki arti menyerupai dengan Alay

Arti kata KRIK : Adalah bunyi jankrik. Istilah ini biasaya digunakan dalam pembicaraan di dunia maya, untuk menggambarkan kondisi yang sangat garing / tidak lucu. Bahasa ini berasal dari adegan film-film kartun yang sering menampilkan suasana tenang – dengan latar belakang bunyi jengkrik – mana kala seseorang bercanda namun tidak lucu. Pemakaiannya cukup sederhana, yaitu dikala menanggapi komentar / ucapan seseorang, penulis tinggal menulis Bahasa “Krik” berulang-ulang, membuktikan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.

Arti kata LEBAY : Merupakan hiperbol dan Bahasa Singkat dari Bahasa “berlebihan”. Bahasa ini terkenal di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan Bahasa ini di banyak sekali kesempatan di acara-acara di televisi yang mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

Arti kata LO / LU : Sama menyerupai “Gue” Bahasa ini pun sudah digunakan digunakan oleh Suku Betawi semenjak bertahun-tahun kemudian dan menjadi Bahasa untuk menyebut “Anda / Kamu”

Arti kata LOL : Bahasa ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Bahasa itu merupakan Bahasa Singkat dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.

MENEKETEHE : Bahasa ini sebetulnya berasal dari Bahasa “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun dua ribu-an, di jadwal Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup terkenal dan dikala ini cukup sering digunakan orang.

Arti kata MOGE : Awalnya Bahasa ini merupakan Bahasa Singkat dari Motor Gede dan dipopulerkan oleh kelompok penyuka motor gede tahun 2008 silam. Namun belakangan, Bahasa itu diplesetkan banyak orang menjadi Motor Gelo yang ditujukan pada orang-orag norak yang suka bikin rusuh, mau menang sendiri, dan bikin muak banyak orang.

Arti kata NI YEE… : Merupakan ungkapan yang dipopuerkan oleh pelawak (alm) Diran di tahn 1985an, yang kemudian sering digunakan oleh para artis menyerupai Euis Darliah dan Jaja Miharja. Bahasa ini sempat terkenal kembali sekitar medio 1990-1999. Saat ini masih dipakai, walau tidak seintens dulu.

Arti kata Omdong : Istilah abreviasi dari Omong Doang artinya sesuatu yang hanya dikatakan saja, tidak dilakukan. Contoh dalam perkataan : Jangan hanya omdong, lu musti ngelakuin juga dong...

Arti kata PRIKITIU : Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap berair melaksanakan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang pelawak lokal, yang melontarkan celutukan pembangkang yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.

Arti kata SECARA : Bahasa ini sebetulnya yaitu bahasa Indonesia, yang bermakna “Adalah”. Namun Bahasa ini menjadi terkenal di tahun 2006an di kalangan siswa-siswi SMU yang memakai Bahasa ini sebagai Bahasa ganti “Karena / Soalnya”. Sesekali pula digunakan sebagai sisipan tanpa makna (hanya sebagai pementingan pada kalimat yang mereka Bahasakan). Contoh pemakaiannya : a. Gua gak sanggup ke rumah lo neh hari ini, secara bokap gue lagi sakit. b. Ya… gimana dong? Secara gue ini kan gaul…

Arti kata SEGEDE GAMBRENG : Bahasa “gambreng” berasal dari suitan belum dewasa (hompimpah alaihum gambreng), yang mengatakan siapa yang menang dalam suitan tersebut. Belakangan, Bahasa ini digunakan untuk mengatakan sesuatu yang besar sekali (dan sulit diungkapkan dengan Bahasa-Bahasa).

Arti kata SEGEDE GOBLOK : Mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng”, Bahasa “Segede Goblok” mengatakan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – sakin besarnya – jadi ga masuk akal. Gak terang siapa yang mempopulerkan Bahasa ini, tapi diduga Bahasa ini pernah diucapkan oleh beberapa MC di televisi (entah Indra Bekti, Iva Gunawan, atau Ruben Onsu)

Arti kata SEMOK : Berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Montok”. Bahasa ini belakangan sering digunakan orang untuk menggambarkan perempuan yang manis dan menarik.

Arti kata SUTRALAH : Merupakan pemanjangan dan plesetan dari Bahasa “Sudahlah”. Bahasa ini juga dipopulerkan oleh kaum waria dan mulai terkenal di tahun sembilan puluh-an akhir.

Arti kata WIL dan PIL : Merupakan Bahasa Singkat dari Wanita Idaman Lain dan Pria Idaman Lain. Tidak terang siapa yang mempopulerkan istilah ini, namun saya menemukan Bahasa-Bahasa ini sering digunakan dalam penulisan di majalah-majalah di periode awal dua ribu-an. Kedua Bahasa itu biasa digunakan untuk menjelaskan perempuan atau laki-laki simpanan / selingkuhan.

Arti kata YIUK…! : Bahasa yang merupakan bentuk usul ini dipopulerkan oleh Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan (anggota grup GSP). Bahasa ini sempat terkenal di awal tahun sembilan puluh-an dan sering digunakan oleh Lenong Rumpi. Di awal tahun dua ribu-an, Bahasa ini kembali terkenal semenjak digunakan oleh Indra Birowo dan Tora Sudiro di jadwal Exravaganza. Karena sering digunakan dikala mereka berperan sebagai bencong, maka Bahasa ini identik dengan panggilan kaum waria / bencong.

Demikian bahasa gaul terpopuler tahun 2018 versi arena sahabat berupa Arti kata kalimat bahasa gaul terpopuler terupdate dewasa dan anak muda yang sering kita jumpai di banyak sekali media umum atau komunikasi lisan para anak muda zaman sekarang. Semoga bermanfaat.
Baca juga goresan pena menarik lain pada situs ini diantaranya kumpulan Istilah Lucu Bahasa Malaysia pada goresan pena terbaru.