Tempat-Tempat Wisata Menarik Di Tasikmalaya


Judul : Tempat-Tempat Wisata Menarik Di Tasikmalaya
link : Tempat-Tempat Wisata Menarik Di Tasikmalaya


Tempat-Tempat Wisata Menarik Di Tasikmalaya


Kota Tasikmalaya salah satu tempat yang berlokasi di Priangan Timur Jawa Barat belum begitu terjamah industri pabrik. Objek wisata di kota tersebut masih tergolong alami alasannya lingkungan sekitar kaya akan hutan, pedesaan serta pegunungan. Udara sejuk yang belum terkotori polusi dan limbah menarik minat wisatawan untuk mengetahui kekayaan alam yang ada di kota Tasikmalaya melalui tempat-tempat wisata yang terdapat di sana.

Berdasarkan geografis wilayah Tasikmalaya sebagian besarnya merupakan daerah pegunungan, dengan puncaknya Gunung Galunggung dan Gunung Telagabodas. Tasikmalaya mempunyai iklim tropis dengan suhu rata-rata di dataran rendah 20°-34° C dan di dataran tinggi 18°-22° C.

Wilayah Tasikmalaya ialah sebuah Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat yang telah mengalami pemekaran menjadi Kota dan Kabupaten, mencakup hampir sebagian besar beberapa kecamatan yang terletak di sentra kota Tasikmalaya, mempunyai tempat-tempat wisata yang layak untuk dikunjungi para wisatawan ; domestik maupun mancanegara. Wisata Tasikmaya tersebar di Kota dan Kabupaten dari mulai wisata alam, wisata budaya, hingga wisata Kuliner.

Bagi anda yang sedang mencari informasi terkait nama-nama objek dan tempat-tempat wisata di Tasikmalaya yang paling sering dikunjungi wisatawan dengan potensi dan kekayaan alam yang ada di tempat tersebut :
1. Situ Gede
Merupakan obyek wisata yang mengatakan keindahan panorama alam situ dengan hiasan hutan alam yang berada pada sebuah pulau kecil (nusa) yang terletak di tengah situ. Dengan luas keseluruhan sekitar 47 hektar, dan ditengah nusa seluas satu hektar terdapat Makam Eyang Prabudilaya, salah seorang tokoh agama Islam dari Tasikmalaya.
Keberadaan Situ mempunyai fungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan sawah di sekitarnya. Sementara keberadaanya pun menjadi daya tarik wisata alam yang cukup besar mengingat letaknya yang tidak begitu jauh dari sentra Kota Tasikmalaya, sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan.
Kawasan Situ Gede mempunyai kelengkapan sarana dan prasarana yang setiap tahunnya dilengkapi oleh pemerintah. Di antaranya gapura, loket, musola, toilet, jogging track, serta taman. Masyarakat sekitar mengakibatkan tempat tersebut sebagai lahan mata pencaharian mereka di antaranya kios-kios, warung nasi yang mengatakan aneka sajian ikan khas Situ Gede, penyewaan rakit, penyewaan bahtera motor, atau pun sekedar mencari ikan untuk dijual.
Keberadaan Situ Gede pun mengatakan banyak sekali alternatif wisata, menyerupai wisata air, wisata ziarah, wisata olahraga, hingga wisata kuliner. Sehingga di lokasi Situ Gede ini masih membutuhkan tangan-tangan investor untuk ikut serta dalam pengembangnnya.
Akan lebih menarik jikalau di lokasi Situ Gede dibangun tempat penginapan, penyewaan jetsky, restoran yang representatif, kios-kios cinderamata, tempat outbond, taman bermain, dermaga pemancingan, dan lain-lain. Namun untuk pembangunan di Situ Gede harus tetap mengacu pada master plan yang disusun untuk tetap menjaga kelestarian alam.
Salah satu sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal yang sanggup mengemban amanah untuk pembangunan perekonomian masyarakat Kota Tasikmalaya ialah objek wisata situ gede yang terletak dikelurahan Linggajaya dan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi.
Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 s.d. 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha, dipulau ini dimakamkan Eyang Prabudilaya yang legendanya berkembang di masyarakat Kota Tasikmalaya, letak situ gede relatif erat dengan sentra Kota Tasikmalaya, kuang lebih+4 km.
Fasilitas bagi wisatawan ialah gazebo 7 buah, tempat parkir cukup luas, masjid, MCK, rakit, tempat memancing, taman dan camping ground.
Aktivitas para wisatawan yang sanggup dilakukan ialah joging, memancing, menjala ikan, mengelilingi pulau dengan rakit, menikmati pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar, menikmati bakar dan goreng ikan dikios-kios sekitar objek wisata, serta ziarah ke pulau situ gede.
 Nasi Tutug Oncom Khas Ti Tasik. Semoga bermanfaat.