Makna Dan Arti Sobat Sejati Dalam Islam


Judul : Makna Dan Arti Sobat Sejati Dalam Islam
link : Makna Dan Arti Sobat Sejati Dalam Islam


Makna Dan Arti Sobat Sejati Dalam Islam

Selamat tiba di situs arena sahabat. Makna sahabat dalam pengertian umum merupakan sobat yang selalu erat dengan seseorang. Sedangkan arti sahabat sejati itu ialah mengakibatkan sobat erat hingga melahirkan sebuah ikatan emosional sehingga sangat sulit mendefinisikan artinya kecuali dengan perasaan. Persahabatan dalam Islam sanggup diberi pengertian sebagai ukhuwah antara sesama akidah, dengan mempunyai visi dan misi hidup yang sama yaitu meraih ridlo Allah SWT.

Pergaulan dalam persahabatan kita sehari-hari terkadang menciptakan perasaan lelah, jengkel, dan kesal, tetapi sering juga kita mengalaminya dengan suka serta senang. Itulah pengalaman yang akan dirasakan oleh setiap orang ketika berteman atau bersahabat. Hal itu disebabkan lantaran setiap insan mempunyai jenis, sifat, dan abjad yang berbeda. Cobaan hidup ataupun peristiwa alam yang terjadi pada seorang yang mempunyai sahabat sejati akan lebih gampang diatasi lantaran santunan tugas sahabat tersebut. Demikian arti sahabat sejati berperan membantu sobat yang membutuhkannya.

Persabatan dalam perjalanannya akan diwarnai dengan liku-liku pengalaman, kadang suka ataupun duka, kadang kecewa atau senang dan lain sebagainya. Seorang sahabat sejati tidak akan membiarkan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru lantaran kasihnya ia memberanikan diri menegur dan meluruskan kesalahan tersebut. Sahabat sejati tidak akan pernah menukar pukulan dengan ciuman, tetapi justru menegornya dengan cara bijak supaya sahabatnya tersebut berubah ke arah yang lebih baik.

Proses persahabatan dari awal sebagai sobat menjadi sahabat dan kemudian dijadikannya sebagai sahabat sejati membutuhkan perjuangan pemeliharaan supaya tetap dalam keadaan harmonis. Peran sahabat sejati tidak hanya membantu pada dikala kesusahan. Seorang sahabat sejati selalu setia, bukan hanya pada dikala seseorang membutuhkan bantuan, perhatian, pertolongan dan belas kasihan saja, tetapi ia justru yang beriinisiatif memperlihatkan dan mewujudkan apa yang diperlukan oleh temannya tersebut. Perasaan rindu kepada sahabat tersebut ialah salah satu ciri bahwa ia ialah benar-benar sahabat sejati. Persahabatan sejati tidak akan dimulai dengan perilaku egois, tetapi saling melengkapi kebutuhan, perasaan satu sama yang lainnya.

Islam menganjurkan berbuat baik kepada sesama orang muslim lainnya dan bukan hanya itu saja persahabatan itu harus sanggup menjadi sebuah keluarga besar dengan sebutan tali kekerabatan ukhuwah Islamiyah. Al-Qur'an dan Hadits Nabi banyak memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat baik antar sesama hingga mereka mengakibatkan keluarga. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita bagaimana kekerabatan baiknya dengan para Sahabat Nabi semasa hidupnya. Demikian Islam mengartikan persahabatan sejati dengan landasan agama disertai perasaan kemanusiaan, saling membutuhkan, memerlukan satu sama lainnya sebagai makhluk Allah yang tidak sanggup hidup sendirian. Selain itu persahabatan dalam Islam tidak hanya sebatas sesama umat seagama saja, tetapi jalinan kekerabatan dengan agama lain pun harus sanggup dipelihara dengan baik sebagai makhluk Tuhan yang tidak sanggup berbuat apa-apa kecuali bersama insan lain.

Akhirnya kita sadari bersama bahwa semua orang itu sangat memerlukan tugas sahabat sejati, akan tetapi pada kenyataannya tidak setiap orang berhasil dengan baik mempunyai sahabat sejati. Oleh risikonya marilah kita mengacu pada nilai-nilai persahabatan dalam Islam supaya cita-cita mendapat ketenangan dan ketentraman hidup sanggup kita raih.

Demikian artikel perihal arti sahabat sejati dalam pandangan umum dan agama Islam. Semoga goresan pena ini sanggup bermanfaat. Salam persahabatan dan ukhuwah Islamiyyah.