10 Hasil Inovasi Tokoh Muslim Dunia


Judul : 10 Hasil Inovasi Tokoh Muslim Dunia
link : 10 Hasil Inovasi Tokoh Muslim Dunia


10 Hasil Inovasi Tokoh Muslim Dunia

Kontribusi dari para andal ilmuan muslim telah diakui dunia menawarkan sumbangsih di bidang dasar-dasar pengetahuan dan teknologi. Mereka bukan hanya tampil sebagai ulama yang menguasai ulumu diniyah (ilmu-ilmu keagamaan) tetapi dalam hal urusan keduniaan telah menemukan beberapa hasil inovasi yang hingga sekarang teori dan prakteknya diterapkan. Inilah bahasan wacana beberapa tokoh muslim dan hasil inovasi teknologi mereka.

Melalui kajian filsafat dan praktek di lapangan yang bersumber dari rujukan Al-Qur'an Hadits serta ilham pendapat Islam ternyata tokoh-tokoh muslim dunia tersebut menandakan kebenaran Agama melalui inovasi Ilmiah dalah Sains dan Teknologi. Walau fakta sejarah tidak semua terungkap atau tidak banyak diketahui banyak orang, namun bukti dari kitab-kitab klasik terukir di perpustakaan ternama di dunia.

Uraian terkait "1001 penemuan" ada dalam sebuah buku yang mengupas seribu hasil inovasi warisan tokoh muslim masa lalu. Dari sekian banyak hasil inovasi ilmuan muslim tercatat diantaranya sepuluh hasil temuan ilmiah yang monumental diakui para pemikir dunia hingga ketika ini, yaitu :

1. Al Zahrawi Menemukan Ilmu Bedah
Dokter yang melaksanakan operasi sesar pertama berjulukan Al-Zahrawai seorang ulama muslim. Beliau menulis ensiklopedia dan di dalamnya membahas wacana ilmu bedah pertama dan hingga sekarang menjadi acuan medis klasik.

2. Para Sufi Yaman Meracik Kopi Abad 9
Kopi pertama kali ternyata dibentuk untuk keperluan sanggup terjaga untuk berdzikir di malam hari oleh para Ahli Sufi asal Yaman pada kala 9 an masehi. Lalu kemudian di kala 13 dikembangkan muslimin Turki dan dinikmati sebagai minuman sajian dan ketika itu mencapai Italia dan Eropa dan menjadi minuman terkenal semua kalangan.

3. Abbas ibnu Firnas Menemukan Mesin Terbang
Mesin yang sanggup membawa insan terbang pertama kali dicoba oleh ilmuan muslim berjulukan Abbas Ibn Firnas. Melalui beberapa kali percobaan di kala ke-9 hingga balasannya ia menciptakan desain mesin yang mirip burung semoga sanggup terbang walau dalam percobaan itu hanya beberapa ketika saja di atas udara.

4. Fatima Al Firhi Pendiri Universitas Pertama
Lembaga Universitas pertama kali dibangun oleh seorang putri muslim berjulukan Fatima Al-Firhi di Maroko. Hingga ketika ini universitas dan mesjid di sampingnya masih dipakai selama 1200 tahun.

5. Al-Khwarizmi Ahli Matematika Muslim Menemukan Aljabar
Kitab muslim klasik berjudul "Al Jabr Wal Mugabala" yang ditulis oleh Al-Khowarizmi mengupas wacana sistem pemersatu untuk keseimbangan dan kebijaksanaan sehat dan dibuatlah rumusan nomor dan angka-angka yang hingga sekarang digunakan. Aljabar ini merupakan pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan besaran geometris. Selain itu pula AlKhwarizmi memperkenalkan konsep membesarkan nomor untuk kekuatan.

6. Ibnu Al-Haitam Ahli Fisika Muslim menemukan Optik
Tokoh berjulukan Al-Haitam ini yang pertama kali menyatakan bahwa mata insan akan sanggup melihat kalau ada cahaya dan objek. Teorinya tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian terkait optik yang kemudian menjelma beling mata hingga kini. Pada ketika itu ia menolah teori Euclid dan Ptolemy yang menyatakan bahwa cahaya yang terlihat oleh mata dipancarkan dari mata itu sendiri. Penemuan luar biasa lainnya dari Fisikawan Muslim ini menemukan fenomena kamera obscura yang menyatakan bagaimana mata melihat gambar tegak alasannya yaitu sambungan antara saraf optik dan otak.

7. Musisi Muslim Menciptakan Musik Pertama Kali
Musisi Muslim mempunyai imbas besar pada Eropa. Di antara banyak instrumen yang datang di Eropa melalui Timur Tengah yaitu lute dan Rahab, nenek moyang biola. Skala musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

8. Nabi Muhammad Penemu Sikat Gigi Pertama Kali
Menurut Hassani, Nabi Muhammad mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama di sekitar 600. Menggunakan ranting dari pohon siwak, dia membersihkan gigi dan menyegarkan napas. Zat seolah-olah dengan Meswak dipakai dalam pasta gigi modern.

9. Al-Jazari Menemukan Sistem Engkol
Banyak dari dasar-dasar mekanisasi modern yang pertama kali dimasukkan untuk dipakai dalam dunia Islam, termasuk sistem engkol yang mengubah gerakan berputar menjadi gerakan linier. Engkol juga memungkinkan insan mengangkat benda berat dengan relatif mudah. Teknologi ini, ditemukan oleh Al-Jazari pada kala ke-12 dan lantas meledak di seluruh dunia. Penemuan ini kemudian menjadi asal seruan mesin pembakaran internal sepeda.

10. Rumah Sakit Pertama Kali Bernama RS. Ahmad Ibnu Tulu
Pusat medis pertama berasal dari kala ke 9 di Mesir. Ia yaitu Rumah Sakit Ahmad ibn Tulun yang didirikan pada 872 di Kairo. Rumah sakit Tulun menawarkan perawatan gratis bagi siapa saja yang membutuhkannya. Kebijakan tersebut didasarkan pada tradisi Muslim untuk merawat semua yang sakit. Dari Kairo, rumah sakit tersebut menyebar ke seluruh dunia Islam.

Demikian artikel mengulas 10 hasil inovasi tokoh muslim di dunia yang telah terbukti bukti sejarah dan secara ilmiah diakui para ilmuwan.