Linux Tidak Dapat Booting


Judul : Linux Tidak Dapat Booting
link : Linux Tidak Dapat Booting


Linux Tidak Dapat Booting

Assalamu'alaikum

Dikarenakan listrik mati beberapa kali dalam sehari, beberapa komputer di kantor mengalami kerusakan gagal booting. Dua diantara komputer yang gagal booting itu memakai OS (Operating System) Linux Mint 10.

Peringatan yang muncul ketika gagal booting yaitu :
No init found. Try passing init = bootarg.
BusyBox v1.15.3 (Ubuntu 1:1.15.3-1ubuntu5) built in sheel (ash)

 Dikarenakan listrik mati beberapa kali dalam sehari LINUX TIDAK BISA BOOTING

Setelah mampir ke forum-forum Linux, karenanya aku menemukan cara memperbaiki kasus tersebut.
  • Masukkan CD installer Linux Mint 10 anda dan jalankan sebagai live CD.
  • Jalankan Terminal.
  • Ketikkan perintah : sudo fdisk -l Dengan memakai perintah tersebut anda dapat mengetahui dimana drive root anda. Dalam hal ini drive root aku terletak di /dev/sda1.
  • Kemudian ketikkan perintah : sudo e2fsck -C0 -p -f -v /dev/sda1
  • Tunggu sampai proses selesai dan restart komputer anda.
MUNCUL PERMASALAHAN BARU

Sampai disini satu permasalahan telah teratasi. Namun ketika melaksanakan proses yang sama pada komputer kedua muncul permasalahan baru. Setelah mengetikkan perintah sudo e2fsck -C0 -p -f -v /dev/sda1 muncul peringatan sebagai berikut :
e2fsck: Device or resource busy while trying to open /dev/sda1
Filesystem mounted or opened exclusively by another program?

Duuhh.. karenanya keliling lagi di forum-forum Linux tapi belum menemukan balasan yang pas. Akhirnya muncul wangsit aneh.. aku akan mencoba memakai CD Ubuntu 9 bukan CD Linux Mint 10.

  • Masukkan CD installer Linux Ubuntu anda dan jalankan sebagai Live CD.
  • Jalankan terminal
  • Ketikkan perintah : sudo fdisk -l untuk mengetahui letak drive root.
  • Lalu ketik perintah : sudo fsck /dev/sda1
  • Tunggu sampai proses selesai. Apabila dibutuhkan konfirmasi anda untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu tekan saja tombol "y".
  • Restart PC anda.
Dan diluar asumsi aku ternyata cara tersebut berhasil ^_^b

Nah biar sharing aku diatas dapat membantu teman-teman yang mengalami permasalahan serupa dengan saya. Jika dua cara diatas belum dapat membantu memecahkan problem PC Linux anda yang tidak dapat booting, silahkan anda keliling saja ke forum-forum Linux.. maaf aku tidak dapat membantu lebih jauh alasannya yaitu aku sendiri masih perlu banyak mencar ilmu ihwal jurus-jusur Linux ini.

Wassalamu'alaikum