Aturan Berkomentar Di Blog


Judul : Aturan Berkomentar Di Blog
link : Aturan Berkomentar Di Blog


Aturan Berkomentar Di Blog

Assalamu'alaikum

Setiap blogger niscaya sudah mengetahui bahwa ada tata tertib yang mengatur wacana cara berkomentar di setiap blog yang kita dikunjungi. Meskipun bukan hukum resmi, namun aturan-aturan tersebut menyerupai sudah menjadi komitmen bersama antar blogger.

Beberapa teladan peraturan tersebut antar lain :
  • Dilarang komentar spam
  • Dilarang komentar yang tidak bekerjasama dengan topik
  • Dilarang meninggalkan link aktif
  • Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA, p*rn*grafi, j*di.
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar
  • dll.. dsb.. dst..
Meskipun terlihat ribet dan menyusahkan, walau bagaimanapun juga sebagai "tamu" atau pengunjung suatu blog, kita harus mentaati tata tertib atau peraturan-peraturan tersebut. Ibaratnya jikalau kita berkunjung ke rumah orang ya kita harus mematuhi semua peraturan yang diterapkan di rumah tersebut. Kita dihentikan membawa kebiasaan kita di rumah sendiri ke rumah orang lain, apalagi kebiasaan kita itu bertentangan dengan "adat" di rumah orang lain.

Blog dapat disamakan dengan gedung. Ada gedung untuk daerah tinggal, pendidikan, perkantoran, instansi pemerintah, dll. Semakin penting fungsi gedung tersebut tentu saja akan semakin banyak dan ketat peraturannya. Contohnya saja anda boleh menggunakan sandal jikalau dirumah tapi anda tidak diperbolehkan menggunakan sandal di Kelurahan. Demikian juga dengan blog...

 Setiap blogger niscaya sudah mengetahui bahwa ada tata tertib yang mengatur wacana cara be ATURAN BERKOMENTAR DI BLOG

Saya ada pengalaman menarik mengenai tata tertib berkomentar ini. Dari dulu hingga kini saya selalu mempersilahkan para pengunjung blog saya jikalau ingin berkomentar Out of Topic alias nggak nyambung dengan isi postingan. Bahkan hanya sekedar komen "Hai.." atau "wah adminnya cakep nih" tetap akan saya persilahkan..

Nah pada suatu ketika ada blogger yang (seingat saya) gres pertama kali mampir ke blog Sinichinet ini dan meninggalkan komentar yang isinya yaitu candaan, salam kenal, dan 2 link tidak aktif menuju ke blog-blog miliknya.. pokoknya OOT banget dah. Saya sih welcome saja dengan komentar beliau alasannya yaitu komentarnya tidak mengandung unsur SARA, p*rn*grafi, ataupun j*di. Lalu saya membalas kunjungan ke blognya dan meninggalkan komentar disana dengan gaya khas saya juga yaitu OOT dan candaan... eeehh komentar saya dibalas dengan "replay" sebuah teguran bahwa komentar saya menyalahi hukum berkomentar di blognya.

Ketika saya hendak membalas komentarnya lagi dengan nada sewot, saya jadi mikir sesuatu... ternyata bergotong-royong yang salah pada kasus ini yaitu saya sendiri. Dia berkomentar OOT di blog saya alasannya yaitu saya sudah "mempersilahkan", dan di blognya sudah jelas-jelas ada hukum dihentikan komentar OOT tapi saya tetap melanggar... jadi yang salah yaitu saya... jadi malu... hehehehe :p

Intinya jikalau anda berkunjung ke blog lain dan hendak meninggalkan komentar, ketahuilah dulu aturan-aturan yang diterapkan disana dan anda harus mematuhinya. Itu yaitu hak beliau selaku tuan rumah untuk menetapkan peraturan, dan merupakan kewajiban anda sebagai tamu untuk mematuhinya. Hormatilah hukum orang lain.. jikalau anda tidak suka ya jangan berkomentar disana.. simpel kan..

Baca juga : TIPS DAN SARAN UNTUK BLOGGER PEMULA

Anyway, jikalau anda ingin meninggalkan komentar di blog Sinichinet ini tidak perlu harus formal, tidak perlu harus menggunakan bahasa baku.. santai saja... OOT juga tidak apa-apa, jangan terlalu dipaksa sesuai topik alasannya yaitu nanti hasilnya malah terlihat aneh. Yang penting komentar anda tidak mengandung unsur SARA, p*rn*grafi, j*di.

Boleh promosi blog dan pasang link tidak aktif anda di dalam komentar, tapi ya jangan keterlaluan jumlahnya. Jika anda ingin promosi blog secara panjang lebar alangkah lebih baik tulis review blog anda dan kirimkan ke email saya, atau anda dapat baca terlebih dahulu artikel ini : BLOG MENERIMA KIRIMAN TULISAN KARYA PEMBACA.

Feel free jikalau ingin berkomentar disini (sambil bergaya feel free ala Syahrini)

#suputkopi

Wassalamu'alaikum