Batik Ikon Fashion Indonesia


Judul : Batik Ikon Fashion Indonesia
link : Batik Ikon Fashion Indonesia


Batik Ikon Fashion Indonesia

Batik Fashion Indonesia - Bagi warga Negara Indonesia, maka tidak akan absurd jikalau mendengar istilah batik atau memegang kain batik itu sendiri. Batik merupakan salah satu identitas Negara Indonesia yang perlu di jaga dan dilestarikan. Batik merupakan kain polos yang cara pembuatannya dengan cara konvensional. Namun seiring perkembangan teknologi pembuatan batik memakai cara yang modern yakni dengan batik cap. Pembuatan batik dengan cara konvensional memang memakan waktu yang lebih usang bahkan untuk tahap penjemuran ada yang dapat memakan waktu satu hari. Sehingga tak heran batik yang dikerjakan dengan memakai metode konvensional atau lebih yang dikenal dengan batik tulis lebih berkesan elegan dan tentunya harganya pun mahal. Karena memang melalui tahap-tahap pembuatan motif batik yang cukup lama.
Model Motif Batik Modern Trend Terbaru


Tahap pembuatan motif batik
Pembutan batik tulis dilakukan dengan cara menggambar motif yang diinginkan di atas kain putih polos dengan memakai pensil. Setelah motif didesain gres kita menyiapkan alat-alat sederhana juga yang disebut canting sebagai sarana menggambar motif, wajan kecil, kompor kecil, lilin atau malam untuk mewarnai motif pensil tadi. Pada tahap ini kita harus telaten alasannya lilin atau malam yang dipakai harus dipanaskan supaya meleleh. Ini yang terkadang menciptakan kita panas memegangnya dan tidak sengaja menciptakan motif yang seharusnya dibentuk menjadi berantakan. Setelah itu di jemur hingga kering dan kaku. Kemudian tahap selanjutnya ialah pewarnaan. Pada tahap ini yang memakan waktu cukup usang alasannya harus menghasilkan warna yang anggun dan rata. Setelah tahap pewarnaan berikutnya di jemur dan dicelupkan lagi pada warna supaya lebih merata kemudia dijemur. Pengerjaan dengan metode konvensional ini sudah jarang sekali ditemui, alasannya sudah banyak yang beralih pada batik cap yang memakai mesin cetak. Karena mengingat pada efisiensi waktu yang diperlukan, walaupun harganya jga terjangkau daripada batik tulis.

Model Motif Batik Tradisional
Eksistensi fashion batik kini ini mulai menjamur di kalangan muda. Padahal dulunya batik hanya sering dipakai oleh mereka yang sudah tua. Kaum muda terlihat gengsi jikalau memakai baju berbahan batik. Mereka merasa terlihat kuno. Batik juga dianggap sebagai fashion formal. Karena batik hanya dipakai dalam acara-acara tertentu saja. Namun kini model motif batik banyak yang memakai fatwa modern. Batik juga banyak dipakai dalam aneka macam macam acara. Bahkan dalam rangka melestarikan identitas Negara ditetapkannya hari batik nasional, sebagai wujud apresiasi kita terhadap hasil karya yang perlu dilestarikan ini. Batik kini ini menjadi fashion budaya yang menjamur dengan koleksi gaya dan motif yang tidak kuno. Para desainer muda memodifikasi batik dengan aneka macam varian yang menciptakan orang tidak bosan dengan gaya dan motif batik tersebut. Selain itu ada banyak model baju batik yang dapat kita jumpai sekarang, mereka mengikut sertakan musim baju kini dalam baju batik. Tak heran peminat batik kini ini semakin meluas. Bahkan dapat hingga di ekspor ke luar negeri. Inilah yang perlu terus kita kembangkan dan lestarikan sebagai upaya menjaga identitas Negara.

Tulisan sebelumnya yaitu pakaian jilbab yang sangat penting dan wajib dikenakan oleh para ibu muslimah sebagai bukti ketaatan dalam beribadah.